02 July 2012

Akuisisi Data dengan Mikrokontroler 8535 (Part I)

Salam kreatif teman-teman dan sahabat. Sukses selalu...
Beberapa waktu terakhir ini saya sedang tertarik dengan mikrokontroler yang bisa saya gabungkan tampilannya pada komputer dengan Visual Basic. Dari beberapa referensi dari buku dan internet, maka jadilah aplikasi mikrokontroler ini dan alhamdulillah berhasil. Saya share dengan judul diatas.

Akuisisi data merupakan suatu proses pengambilan data sampel dari fenomena fisik seperti suhu, tekanan dan lain-lain dan mengubah data sampel yang didapat menjadi nilai numerik yang dapat dimanipulasi oleh sebuah komputer. Sistem akuisisi data merupakan kumpulan dari berbagai elemen-elemen elektronik yang saling bekerja sama dengan tujuan melakukan pengumpulan, penyimpanan, pengolahan data, dan penyaluran data untuk dijadikan sebagai bentuk informasi yang berarti.

Mikrokontroler yang ada sekarang ini sudah memiliki pengubah sinyal analog ke digital (ADC, Analog-to-Digital Converter) yang sudah tergabung didalamnya (integrated). Beberapa sistem seperti ini terhubung dengan komputer melalui port paralel, serial atau USB dan beberapa yang lain menggunakan sistem bus data misalnya PCI atau ISA.  Bagian utama dari sistem akuisisi data adalah komponen pengubah sinyal analog ke digital. Mahalnya harga komponen ADC yang beresolusi tinggi menyebabkan mahalnya sistem akuisisi data yang baik.



Akuisisi data sederhana yang menggunakan rangkaian minimum mikrokontroler pada dasarnya merupakan sebuah sistem yang bisa digunakan untuk memperoleh data-data dari masukan analog kemudian diubah menjadi data digital melalui rangkaian mikrokontroler yang kemudian disalurkan melalui port serial komputer dan bisa dibuat tampilan pengantarmukaannya (Abbas Raza, 2001). Proyek yang dibuat oleh Abbas Raza menggunakan mikrokontroler AT89 dan ATMEGA8 dengan masukan analog berupa suhu. Masukan berupa suhu memang banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi sistem akuisisi data ini. Pada sistem akuisisi data dengan masukan suhu, sering juga digunakan sensor suhu LM335. Tetapi pada artikel ini menggunakan ATMega8535.

Referensi untuk perancangan perangkat keras untuk akuisisi data sudah banyak tersedia begitupun dengan rangkaian minimum mikrokontroler yang sudah jadi dan banyak dijual di toko-toko elektronika. Dalam artikel ini, perangkat keras yang digunakan adalah sistem minimum ATMEGA8535 yang rangkaian bisa membuat sendiri atau membeli di toko-toko elektronika.

Untuk pemrograman mikrokontrolernya, untuk pemula seperti saya Bascom-AVR merupakan pemrograman yang mudah dimengerti karena masih menggunakan bahasa basic tidak seperti pemrograman yang memakai bahasa C dan tidak jauh berbeda dengan script-script pemrograman Visual Basic. Tetapi bagi teman-teman yang memang mahir dengan pemrograman mikrokontroler yang lain tidak masalah dan itu dapat memperkaya pengetahuan kita karena yang penting konsepnya sama.

Nah...segitu dulu ya teman-teman, nanti dilanjut diposting berikutnya. Salam kreatif...



4 comments:

  1. Halo...mas. sy tertarik mas aplikasinya. bisa buat referensi tuh. boleh minta source code-nya?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. maap lagi banyak kerjaan/proyek jadi msh blm ada waktu untuk posting artikel baru atau melanjutkan yg kurang.ada yg bisa dibantu?

      Delete
  3. Mas Herman, boleh gak sya minta di kirim Aplikasi Data Kependudukannya? sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete